Motode Pemasaran MLM apakah Salah ? Salah satu jenis bisnis yang sampai saat ini 
masih eksis adalah jenis MLM atau Sistem penjualan langsung berjenjang. 
Apabila mendengar kata MLM mungkin dari kita akan langusng berfikir 
negatif. 
Bisnis model MLM memang citra nya atau kesan nya di 
masyarakat terdengar negatif. Namun sebenarnya tidak demikian. Tidak 
selamanya MLM itu buruk. Ada beberapa perusahaan yang menerapkan metode 
MLM yang baik dan benar. Dan tentunya berhasil. 
MLM merupakan 
kepanjangan dari Multi Level Marketing yang menjual produk secara 
berjenjang. Secara sederhana marketing menjual produk ke orang-orang di 
bawahnya. Dan orang di bawah lagi dapat menjual produk ke konsumen 
langsung atau mencari agent agar mau menjual produk tersebut. 
Gambar atau Cara Kerja dapat digambarkan seperti di bawah ini. 
Keunggulan dari sistem ini adalah orang yang paling atas akan 
mendapatkan untung apabila orang di bawahnya sukses menjual produk.
Inilah
 salah satu keunggulan sistem marketing MLM. Semua diuntungkan. Tapi MLM
 juga memiliki kelemahan apabila salah menerapkan. Yakni sistem 
perekrutan yang salah. 
Kebanyakan marketing sistem MLM ini 
mematok harga agar bisa member MLM produk tertentu. Kalau membayar 
murah, untuk admin misal tentu tidak masalah. Tapi kalau mahal tentu 
tidak relevan. 
Produk yang dijual oleh para marketing MLM ini 
pun harus diteliti dahulu. Apakah produknya cocok dijual, atau malah 
produknya biasa saja namun dijual dengan harga fantastis. 
Sebelum bergabung dengan MLM memang sebaiknya memahami dahulu tentang perusahaannya tersebut. Biaya pendaftaran, harga produk, manfaat produk atau jasa dan sebagainya. Semuanya harus diperhitungkan.

